Di Masa Pandemi, Setidaknya Ada 5 Peluang Usaha yang Bisa Dilakukan

Peluang Usaha di Masa Pandemi – Pandemi virus Covid-19 telah menemani kehidupan masyarakat Indonesia sejak bulan Maret 2020. Program vaksinasi Covid-19 telah mulai digalakkan, namun keterbatasan jumlah vaksin dan sulitnya proses distribusi nampak membuat pandemi akan lebih panjang untuk usai – pemulihan ekonomi akibat pandemi pun butuh waktu lebih lama lagi. Tidak sedikit dari mereka (atau mungkin kamu sendiri) terdampak pandemi ini dan perlu membuka berbagai peluang untuk bisnis.

Dari Titik balik Coffee Roasters, berikut ini adalah beberapa peluang usaha atau bisnis yang dapat dilakukan di tengah pandemi.

Peluang Usaha atau Bisnis

1. Jual Makanan Online

Tidak dapat dipungkiri bahwa selama kondisi pandemi, tren peluang usaha jualan makanan online meningkat. Mulai dari kue kering hingga makanan olahan dengan menu bermacam-macam. Pemilik UMKM pun harus beradaptasi atas perubahan perilaku konsumen yang biasa memesan take away/dine-in menjadi online order . Konsep operasional mereka pun bisa jadi harus berubah.

2. Jual Masker Kain Unik

Selama pandemi, kita seringkali diingatkan untuk selalu menjalankan kewajiban 3M. Menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai alat perindung diri seperti masker dan/atau faceshield. Maraknya penggunaan masker dan faceshield ini mengundang kreativitas para pengrajin kain untuk mulai membuat masker dengan desain yang unik-unik loh. Mulai dari gambar, ilustrasi, maupun tulisan bermacam-macam dapat menjadi pendukung agar kita tetap merasa percaya diri walaupun harus menggunakan alat pelindung diri.  Tentunya alat pelindung diri yang digunakan harus tetap sesuai dengan protokol kesehatan yang melindungi kita dan orang lain dari virus maupun bakteri dari sekitar kita ya.

3. Jasa Bimbel Online

Dalam bindang pendidikan, mengingat banyak keterbatasan untuk kegiatan tatap muka yang bahkan membuat anak-anak atau adik-adik kita juga harus melakukan kegiatan belajar mengajar secara online. Begitu pula dengan bimbingan belajar tambahan yang biasanya dilakukan baik di dalam rumah atau pun di tempat belajar mengajar seperti tempat les, dapat berubah menjadi bimbingan belajar online. Dimana sang pengajar dapat mengandalkan platform-platform telepon jarak jauh seperti videocall/Zoom meeting. Kegiatan seperti ini tentunya memiliki hal positif dimana anak dapat diawasi orang tua secara langsung dan juga menghemat waktu dan tenaga untuk bepergian bagi pengajar maupun anak bimbingan. Bagi anak-anak muda yang suka mengajar dan ingin menjadikan bimbingan belajar online sebagai pekerjaan sampingan atau utama pun bisa memanfaatkan kondisi pandemi untuk memperluas usahanya. Oleh karena itu, di masa pandemi seperti ini jarak dan waktu bukan lagi halangan dengan kemajuan teknologi dan banyaknya pilihan untuk terhubung melalui platform daring.

4. Jual Prakarya Tangan

Usaha satu ini cocok untuk para pekerja yang ingin mencari sampingan melalui hasil keterampilan tangan. Saat kebijakan working from home atau bekerja dari rumah semakin digiatkan, kita butuh sesuatu untuk menyalurkan keterampilan kita. Seperti membuat gelang atau hiasan meja menggunakan benang, tusuk gigi, atau bahan lainnya.

5. Jasa Coffee Tasting Online

Selain peluang usaha coffee shop, usaha/hobby yang terakhir ini paling cocok untuk para pecinta kopi. Selama kondisi pandemi, tentu banyak teman-teman pecinta kopi yang tidak dapat menyeruput kopi dari kafe favorit. Namun, diam di rumah tidak menjadi penghalang bagi kamu untuk menikmati kopi favorit dari rumah, dengan metode-metode manual brew seperti French press, V60, Aeropress dan lain-lain.

Btw, kami menyediakan produk khusus untuk teman-teman dapat dilihat di tokopedia Titik Balik Coffee Roasters.

Kesimpulan Peluang Usaha atau Bisnis

Dari beberapa usaha ditengah pandemi tersebut, mana yang menjadi usaha pilihanmu? Berbisnis ditengah pandemi bukanlah sesuatu yang tidak mungkin dan malah terkadang dapat menjadi titik balik yang tidak diduga membawa cuan ya. Terlebih lagi di dalam kondisi seperti ini, kita juga jangan lupa tetap ada teman-teman yang butuh perhatian kita. Seperti anak-anak muda di Lembaga Pembinaan Khusus Anak yang tetap membutuhkan pelatihan dan perhatian khusus dari kita.

Selamat untuk memulai mencari ide bisnis yang kira-kira cocok di kala pandemi seperti ini, dan jangan lupa untuk tetap peduli terhadap teman-teman yang membutuhkan. Karena baik saat pandemi maupun tidak, mereka tetap membutuhkan uluran tangan kita.