Blooming Bros: Coffee Shop Bekasi dengan Konsep Manual Brew

Setelah jalan-jalan dan mengulas kopi di Jaksel dan Musat coffee shop Bandung, Titik Balik Coffee Roasters kini mencoba untuk melipir ke daerah sekitar Jakarta. Setelah menimbang-nimbang tujuan, kami memilih untuk mengulas coffee shop Bekasi yang cukup menarik, yaitu Blooming Bros. Salah satu coffee shop di bilangan Bekasi dengan konsep manual brew ini bertempat di Ruko Taman Harapan Baru Q23, Bekasi.

Baru berdiri – November 2020 – Blooming Bros tidak pernah absen menawarkan belasan kopi single origin miliknya. Uniknya, kopi single origin yang tersedia selalu berganti di setiap harinya. Blooming bros juga mengusung konsep open bar membuat pengunjung bebas berdiskusi dengan barista.

Hal unik yang ada dari Blooming Bros lainnya adalah waktu operasionalnya yaitu tutup di hari Senin. Di hari lainnya, pengunjung bebas berkunjung hingga pukul 22.00. Di beberapa waktu bila toko tidak terlalu ramai, pengunjung bisa mendapat kesempatan untuk menyeduh kopi sendiri. Bila kondisi toko sedang ramaipun pengunjung tetap dapat meminta kopi untuk diseduh sesuai selera.

Di Dalam Blooming Bros.

Menu Kopi di Blooming Bros

Blooming Bros menawarkan beberapa metode manual brew untuk kamu nikmati seperti kalita wave, blue bottle, V60, aeropress, delter, dan siphon. Hasil dari metode manual brew tersebut dipengaruhi oleh beberapa parameter, seperti grind size, rasio seduh antara kopi dan air, waktu seduh, dan suhu seduh kopi.

Saat tiba di Blooming Bros, pengunjung paling sering memesan V60. Metode V60 sendiri menggunakan filter yang dipasang membentuk kerucut, sehingga air bisa mengalir ke pusat kopi dan lebih mudah meresap. Akhirnya, V60 menghasilkan kopi dengan aroma dan rasa yang kuat namun seimbang dan menjadi favorit.

Pada umumnya, kopi V60 dibuat dengan rasio 1:15 untuk menghasilkan rasa yang clean, smooth, dengan bright acidity. Ada beberapa hal yang menjadi titik berat dari V60, yaitu cerek khusus untuk menjaga konsistensi suhu air, konsistensi putaran menuang air, dan tidak ada repetisi penggunaan kertas filter.

Hal Lain di Blooming Bros.

Dalam rangka terus menghibur pengunjung dengan rasa kopi yang bervariasi, barista di sini juga tidak berhenti belajar seduh dengan mencoba berbagai metode ataupun resep lain. Seperti mencoba Wendelien’s recipe, variasi grind time, mencoba kromatik water, atau mencoba perbedaan penggunaan wadah untuk menyeduh kopi.

Dengan begitu, maka Blooming Bros dapat menjawab dengan mudah bila ada pengunjung yang datang dan bertanya “apa yang baru nih?”

Selain menikmati variasi kopi, pengunjung juga dapat menikmati beberapa menu non-coffee seperti grey latte, orange champ, chocolate, dan ragam jenis teh. Blooming Bros juga menyediakan ragam menu makanan seperti dimsum, pound cake, french fries, dan cookies.

Coffee Shop yang Memanusiakan Manusia

Disini, tersedia ragam single origin seperti finca alia, sasak dapang, java haruman, dan lain-lain. Masing-masing single origin tersebut memiliki rasa khas masing-masing mulai dari fruitiness, acidity, sweetness, little spicy, dan bitterness. Jika terhitung sebagai new comer, barista di sini pun juga bisa menjelaskan perbedaan rasa dari masing-masing kopi untuk bisa sesuai cita rasamu.

Roasted coffee yang tersedia didapat dari hasil roasting Titik Balik Coffee Roasters bersama dengan pemuda LPKA Jakarta. Di LPKA, Titik Balik Coffee Roasters memberi pelatihan para pemuda berupa roasting, cupping dan coffee tasting, sampai produksi kopi. Setelah proses tersebut, kopi sudah dapat dijual dalam bentuk roasted beans maupun drip bag.

Jika tidak sempat berkunjung ke Blooming Bros, tidak perlu khawatir! Karena semua tetap bisa menikmati kopi single origin Blooming Bros di Tokopedia Titik Balik Coffee Roasters.