Resep Menu Es Kopi Susu Gula Aren: ala Janji Jiwa

Setelah kita coba Kopi Soerum salah satu menu dari Kopi Soe, mari kita sekarang bahas tentang menu kopi janji jiwa, Kopi Susu Gula Aren. Kendatinya, kopi susu gula aren sendiri memang sudah menjadi salah satu kopi andalan bagi warga Indonesia, terutama para anak muda. Kopi susu gula aren sendiri mulai ramai semenjak adanya kopi susu keluaran kedai di Santa. Sejak saat itu, mulai berkembang banyak coffeeshop lokal, salah satunya Janji Jiwa.

Janji jiwa pertama kali berdiri tahun 2018 di ITC Kuningan. Sejak itu, Kopi Janji Jiwa berkembang hingga sekarang mencapai 3000 outlet terdiri atas 20 Head Office dan sisanya franchise.

Image Source: https://akcdn.detik.net.id/api/wm/2020/03/11/f2f07af8-fd1c-4ba8-bc73-75607187fdc3_169.jpeg?w=650

Sekarang, janji jiwa tidak hanya berkutat dengan menu kopi, melainkan ada jiwa toast dan jiwa tea. Jiwa toast berfokus pada menu toast, sedang jiwa tea spesialis teh dari janji jiwa. Meski begitu, tidak semua cabang kopi janji jiwa dilengkapi dengan jiwa toast dan jiwatea. Dengan kuatnya nama janji jiwa, membuat jiwa toast dan jiwatea tidak perlu mengumumkan keberadaannya secara besar-besaran. Coba cek dulu nih, sudah ada jiwa toast terdekat dari rumahmu belum?

Sebagai kopi yang menjadi favorit banyak kalangan, kopi janji jiwa menyediakan kopi susu aren yang sangat seimbang di segala komposisinya. Kopi yang terasa namun tidak mendominasi, susu yang tidak terlalu kental namun tidak begitu transparant, serta gula aren khas janji jiwa yang unik. Contoh menu non-coffee yang memakai gula aren adalah earl grey brown sugar milk tea. Meskipun harga kopi susu aren janji jiwa sendiri tidak terlalu mahal, namun lebih tidak mahal jika membuatnya sendiri tanpa delivery.

Kopi susu gula aren memiliki 5 komposisi utama, yaitu bubuk kopi hitam, susu UHT rasa vanilla, gula aren, daun pandan, dan es batu. Kalau kamu tertarik buat bikin es kopi susu low budget, bisa lirik cara di bawah ini, nih!

Pertama, kita buat larutan kopinya

  1. Tuangkan kopi bubuk dan air mineral ke dalam panci kecil, lalu aduk hingga tercampur rata.
  2. Rebus campuran hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan cairan kopinya.
  4. Saring cairan kopi ke dalam wadah dan buang ampasnya.

Kedua, buat cairan gula aren

  1. Tuangkan gula aren, air, dan daun pandan (kalau tidak ada, tidak apa-apa. Tapi daun pandan memang kunci cairan gula aren ala janji jiwa) ke dalam panci kecil. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Rebus hingga mendidih dengan sesekali mengaduknya.
  3. Angkat dan dinginkan cairan gulanya.
  4. Tuangkan cairan gula ke dalam wadah dan jangan lupa membuang daun pandan.

Menjadi Kopi Susu Gula Aren ala Janji Jiwa

  1. Tuang cairan gula aren sebanyak 3 sendok makan, lalu tambahkan es batu sesuai selera
  2. Tambahkan susu cair 10 sendok makan
  3. Campur dengan cairan kopi sebanyak 3 sendok makan
  4. Aduk kopi susu dan cicip sedikit untuk mengetes rasanya.
  5. Jika rasa masih kurang mirip, anda bisa menambahkan masing-masing komponen hingga mencapai hasil yang diinginkan

Tips dan Fakta Kopi Susu Gula Aren

  1. Jika anda tidak punya gula aren, bisa menggantinya dengan gula jawa atau gula merah.

Apa perbedaan gula jawa dan gula aren?

Pertama, gula aren mempunyai rasa yang lebih manis dan aroma lebih kuat dari gula jawa. Selain itu, tekstur gula aren juga lebih kental ketimbang gula merah.

2. Es Kopi Susu lebih cocok menggunakan kopi robusta dibanding arabica.

Disampaikan Public Relation Kopi Janji Jiwa di salah satu wawancara, bahwa kopi arabica memiliki karakteristik lebih asam daripada robusta. Karena perbedaan rasa tersebut, maka khawatir kopi arabica akan membuat rasa yang kurang balance bila dibuat menjadi es kopi susu.

Jadi gimana, nih, udah tertarik coba kopi susu ala janji jiwa di rumah belum?